Artikel Edukasi

Mari mengenal Bagaimana Dokter Mendiagnosis dan Mengobati Rheumatoid Arthritis

Rheumatoid arthritis berbeda dengan osteoartritis, arthritis umum yang sering datang dengan usia lebih tua. RA dapat mempengaruhi bagian tubuh selain persendian, seperti mata, mulut dan paru-paru. RA adalah penyakit autoimun, yang berarti arthritis disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh Anda yang menyerang jaringan tubuh sendiri. Tidak ada yang tahu apa yang menyebabkan rheumatoid arthritis. Gen, lingkungan, dan hormon mungkin berkontribusi. Perawatan meliputi obat-obatan, perubahan gaya hidup, dan pembedahan. Ini bisa memperlambat atau menghentikan kerusakan sendi dan mengurangi rasa sakit dan pembengkakan.

Rheumatoid arthritis bisa sulit untuk didiagnosis pada tahap awal karena tanda dan gejala awal meniru banyak penyakit lainnya. Tidak ada satu tes darah atau temuan fisik untuk memastikan diagnosisnya. Selama pemeriksaan fisik, dokter Anda akan memeriksa persendian Anda untuk pembengkakan, kemerahan dan kehangatan. Dia mungkin juga memeriksa refleks dan kekuatan otot Anda.

Pemeriksaan Laboratorium

Orang dengan rheumatoid arthritis sering memiliki tingkat sedimentasi eritrosit yang meningkat (LED, atau ESR) atau C-reactive protein (CRP), yang dapat mengindikasikan adanya proses peradangan di tubuh. Tes darah umum lainnya mencari faktor rheumatoid dan antibodi peptida anti-siklik citrullinated (anti-CCP). Dokter Anda mungkin menyarankan sinar-X untuk membantu melacak perkembangan rheumatoid arthritis di persendian Anda dari waktu ke waktu. Tes MRI dan USG dapat membantu dokter menilai tingkat keparahan penyakit di tubuh Anda.

rheumatoid-arthritis-hands.jpg

Sumber http://www.medicinenet.com/rheumatoid_arthritis/article.htm

Tidak ada obat untuk rheumatoid arthritis. Namun penemuan baru-baru ini menunjukkan bahwa remisi gejala lebih mungkin terjadi saat pengobatan dimulai lebih awal dengan obat kuat yang dikenal sebagai obat antirematik modifikasi penyakit (DMARDs).

Jenis obat yang direkomendasikan oleh dokter Anda akan tergantung pada tingkat keparahan gejala Anda dan berapa lama Anda menderita rheumatoid arthritis.

NSAIDs. Obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) dapat mengurangi rasa sakit dan mengurangi peradangan. NSAID bebas resep termasuk ibuprofen dan naproxen sodium. NSAID yang lebih kuat tersedia dengan resep dokter. Efek sampingnya meliputi dering di telinga, iritasi pada perut, masalah jantung, dan kerusakan hati dan ginjal.

Steroid. Obat kortikosteroid, seperti prednisone, mengurangi peradangan dan nyeri dan kerusakan sendi yang lambat. Efek sampingnya bisa berupa penipisan tulang, penambahan berat badan dan diabetes. Dokter sering meresepkan kortikosteroid untuk menghilangkan gejala akut, dengan tujuan mengurangi secara bertahap obat tersebut.

Obat antirematik modifikasi penyakit (DMARDs). Obat ini dapat memperlambat perkembangan rheumatoid arthritis dan menyelamatkan sendi dan jaringan lainnya dari kerusakan permanen. DMARDs umum termasuk methotrexate, leflunomide (Arava), hydroxychloroquine (Plaquenil) dan sulfasalazine (Sulcolon). Efek sampingnya bervariasi namun bisa meliputi kerusakan hati, penekanan sumsum tulang dan infeksi paru-paru parah.

Agen biologis. Juga dikenal sebagai pengubah respons biologis, kelas DMARD yang lebih baru ini mencakup abatacept (Orencia), adalimumab (Humira), anakinra (Kineret), certolizumab (Cimzia), etanercept (Enbrel), golimumab (Simponi), infliximab (Remicade), rituximab (Rituxan), tocilizumab (Actemra) dan tofacitinib (Xeljanz). Obat ini bisa menargetkan bagian sistem kekebalan tubuh yang memicu peradangan yang menyebabkan kerusakan sendi dan jaringan. Jenis obat ini juga meningkatkan risiko infeksi. DMARD biologis biasanya paling efektif bila dipasangkan dengan DMARD nonbiologis, seperti metotreksat.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s