Artikel Edukasi

Mari mengenal Bagaimana Hidup dengan Rheumatoid Arthritis dan Melindungi Sendi Anda

Penting untuk tetap aktif sebagian besar waktu, tapi terkadang mengurangi aktivitas saat penyakit kambuh. Secara umum, istirahat sangat membantu bila sendi meradang, atau saat Anda merasa lelah. Pada saat-saat seperti ini, lakukan latihan gerak-gerik yang ringan, seperti peregangan. Ini akan menjaga fleksibilitas keseluruhan. Bila Anda merasa lebih baik, pasien RA dianjurkan untuk melakukan latihan aerobik low impact, seperti berjalan kaki, dan latihan untuk meningkatkan kekuatan otot. Ini akan meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan dan menurunkan tekanan pada persendian Anda. Untuk contoh-contoh olahraga yang dapat anda lakukan bacalah di sini.

active-84646_960_720

Perlindungan sendi adalah strategi yang telah terbukti untuk membantu Anda mengelola nyeri rheumatoid arthritis dan melakukan aktivitas sehari-hari dengan lebih mudah. Sendi rematik tidak dapat mentolerir stres sebanyak sendi yang sehat. Gerakan mendorong, menarik atau memutar bisa menyakitkan. Pikirkan tentang cara-cara yang bisa Anda hindari untuk tidak perlu membebankan persendian Anda. Jangan tergoda untuk mengatasi sakit rheumatoid arthritis Anda. Anda mungkin membuat rasa sakit itu semakin parah dan meningkatkan risiko timbulnya kelainan bentuk sendi. Jika suatu aktivitas menyebabkan nyeri sendi, ubahlah cara Anda melakukan aktivitas tersebut. Melanjutkan aktivitas meski rasa sakit bisa merusak sendi Anda. Menghentikan aktivitas sama sekali bisa menyebabkan kekakuan sendi karena kurang digunakan.

Sebagai pedoman umum, jika rasa sakit terus berlanjut selama satu jam setelah Anda melakukan aktivitas, pertimbangkan untuk mengubah cara melakukannya. Misalnya:

  • Istirahat sejenak.
  • Gunakan alat bantu.
  • Bergantian antara duduk dan peregangan, aktivitas ringan dan sedang, sepanjang hari.
  • Jika Anda memiliki rasa sakit di kaki Anda, kenakan sepatu yang tepat. Mintalah dokter atau ahli terapi okupasi untuk mendapatkan rekomendasi khusus.

Sendi besar lebih kuat dari yang kecil. Simpan sendi Anda yang lebih kecil dan lebih lemah untuk pekerjaan khusus, dan gunakan sendi besar bila memungkinkan. Sebagai contoh:

  • Bawa benda dengan telapak tangan terbuka, distribusikan berat benda secara merata di atas lengan bawah Anda.
  • Bawa tas atau tas Anda di bahu Anda alih-alih menggenggamnya dengan tangan Anda. Jika bahu Anda sakit, gunakan ransel.
  • Geser benda di sepanjang meja atau meja kerja daripada mengangkatnya.
  • Gunakan otot paha Anda untuk bangkit dari kursi dan bukannya mendorong dengan tangan Anda.
hwkb17_047.jpg

Cara mengangkat dan membawa benda yang benar. Sumber http://www.webmd.com/back-pain/proper-lifting-technique

Hindari menggunakan jari Anda sebanyak mungkin. Cobalah untuk:

  • Hindari mencubit atau mencengkeram berkepanjangan. Gunakan sedikit kekuatan untuk memegang peralatan.
  • Istirahatkan tangan Anda secara datar dan terbuka, bukan dengan genggaman tegang.
  • Tanyakan kepada dokter atau ahli terapi okupasi Anda tentang penggunaan perangkat yang dirancang khusus yang membantu menyebarkan kekuatan ke seluruh telapak tangan atau lengan Anda.

0c63dd87578f58c0e9123a537922db30--kitchen-knives-kitchen-toolspg-arthritis-gadgets-04-fulla490e0467ecf2f76042767a32fa0e693

Jika Anda memposisikan diri Anda dengan benar dan menggunakan otot yang paling sesuai untuk sebuah tugas, Anda dapat meminimalkan tekanan pada persendian Anda. Mekanisme tubuh yang tepat memungkinkan Anda menggunakan tubuh Anda lebih efisien. Cobalah untuk:

  • Membawa benda berat yang dekat dengan dada Anda, menopang berat pada lengan bawah Anda. Jaga agar siku dekat dengan tubuh Anda.
  • Ambil barang dari lantai dengan terlebih dulu menekuk lutut dan pinggul Anda, dan membungkuk ke bawah. Atau duduk di kursi dan membungkuk.
  • Hindari posisi memutar dan canggung, seperti meraih benda di jok belakang mobil dari jok depan.
  • Jaga tangan Anda di bawah posisi “jam 3” dan “jam 9” di roda kemudi saat mengemudi.
  • Gunakan otot perut Anda untuk membantu Anda berguling saat bangun tidur.

Mengatur area kerja Anda dengan bijak juga bisa membuat perbedaan besar:

  • Saat duduk. Pastikan Anda memiliki sokongan punggung dan kaki yang baik. Lengan bawah dan kaki bagian atas Anda harus disokong dengan baik, sejajar dengan lantai. Anda mungkin ingin meninggikan kursi Anda, agar lebih mudah bangun.
  • Saat mengetik atau membaca. Jika Anda mengetik keyboard untuk waktu yang lama dan kursi Anda tidak memiliki lengan, pertimbangkan untuk menggunakan sandaran tangan atau lengan. Permukaan kerja miring untuk membaca dan menulis lebih nyaman untuk leher Anda.
  • Saat berdiri. Ketinggian permukaan pekerjaan Anda seharusnya memungkinkan Anda bekerja dengan nyaman tanpa membungkuk.
0b1ce285-970c-4287-adf9-4d6de560e9ed.gif

Posisi duduk yang benar. Sumber http://www.chairclinic.co.uk/page/Sitting+Correctly

Jangan memberikan sendi Anda kesempatan untuk menjadi kaku – membuat mereka tetap bergerak. Cobalah tip berikut:

  • Saat menulis atau mengerjakan pekerjaan tangan, lepaskan pegangan Anda setiap 10 sampai 15 menit, atau saat tangan Anda terasa lelah.
  • Jika Anda bekerja di depan komputer, lakukan peregangan tangan dan ibu jari selama 10 detik setiap jam, untuk meringankan persendian itu.
  • Pada perjalanan mobil yang panjang, istirahatlah setiap satu atau dua jam agar Anda bisa keluar dan meregangkan tubuh.
  • Di pesawat pilih kursi di lorong, jadi Anda bisa menggeser kaki dengan lebih mudah.
  • Saat melakukan tugas berulang, ubah posisi tubuh Anda setiap 20 sampai 40 menit.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s