Artikel Edukasi

Mari mengenal lebih jauh mengenai terapi AI: Kortikosteroid

Kortikosteroid adalah obat buatan manusia yang mirip dengan kortisol, hormon yang diproduksi oleh kelenjar adrenalin secara alami. Kortikosteroid sering disebut dengan istilah singkat “steroid.” Kortikosteroid berbeda dengan senyawa steroid terkait hormon pria yang terkadang disalahgunakan oleh para olahragawan.

Apa saja jenis steroid?

Jenis kortikosteroid meliputi kortison, prednison, dan metilprednisolon. Prednison dan metilprednisolon adalah jenis steroid yang paling umum digunakan untuk mengobati penyakit reumatologis tertentu.

1487928227475397029Lupred

Prednisolone sering diberikan untuk menangani kondisi autoimunitas yang beragam.

Bagaimana steroid diberikan?

Steroid tersedia dalam beberapa bentuk yang bervariasi, dapat diberikan secara lokal, ke tempat yang tepat dimana ada masalah, atau sistemik, yang berarti seluruh “sistem” atau badan. Contoh pengobatan steroid lokal termasuk injeksi sendi, tetes mata, tetes telinga, dan krim kulit. Perawatan steroid sistemik meliputi obat-obatan oral (diberikan melalui mulut) atau obat-obatan yang dikirim langsung ke pembuluh darah (intravena atau IV) atau otot (intramuskular). Steroid sistemik beredar melalui aliran darah ke berbagai tempat tubuh. Bila memungkinkan, perawatan steroid lokal lebih disukai dibanding steroid sistemik untuk mengurangi risiko efek samping.

Bagaimana cara kerja steroid?

Steroid bekerja dengan mengurangi proses inflamasi dan aktivitas sistem kekebalan tubuh. Inflamasi adalah proses di mana sel darah putih dan sistem pertahanan humoral melindungi terhadap infeksi dan zat asing seperti bakteri atau virus. Pada penyakit tertentu, sistem pertahanan tubuh (sistem imun) tidak berfungsi dengan baik. Hal ini dapat menyebabkan inflamasi bereaksi melawan jaringan tubuh dan menyebabkan kerusakan. Tanda-tanda inflamasi meliputi kemerahan, kehangatan, pembengkakan, dan nyeri. Steroid mengurangi produksi sitokin-sitokin yang menyebabkan inflamasi. Ini membantu menjaga kerusakan jaringan serendah mungkin. Steroid juga mengurangi aktivitas sistem kekebalan tubuh dengan cara mempengaruhi cara kerja sel darah putih.

Kapan steroid diberikan?

Steroid digunakan untuk mengobati banyak kondisi di mana sistem pertahanan tubuh tidak berfungsi dengan baik dan menyebabkan kerusakan jaringan. Steroid bisa menjadi terapi utama penyakit tertentu. Untuk kondisi lain, steroid hanya bisa digunakan secara hati-hati atau bila tindakan lain belum berhasil. Steroid digunakan dalam pengobatan untuk kondisi radang rematik tertentu, seperti:

  • Vaskulitis sistemik (pembengkakan pembuluh darah),
  • Myositis (radang otot),
  • Rheumatoid arthritis (radang radang kronis),
  • Lupus eritematosus sistemik (penyakit umum yang disebabkan oleh fungsi sistem kekebalan tubuh yang abnormal).
aid4736830-728px-4736830-1

Lupus eritematosus sistemik merupakan salah satu indikasi utama pemberian kortikosteroid.

Kapan steroid bermanfaat?

Saat inflamasi mengancam kerusakan organ tubuh kritis, steroid bisa menyelamatkan organ dan dalam banyak kasus, juga nyawa. Misalnya, steroid dapat mencegah pembengkakan ginjal yang memburuk, yang dapat menyebabkan gagal ginjal pada orang penderita lupus atau vaskulitis. Bagi pasien ini, terapi steroid bisa menghambat kebutuhan akan dialisis ginjal atau transplantasi. Steroid dosis rendah mungkin memberikan perbaikan yang signifikan dari rasa sakit dan kekakuan pada orang dengan rheumatoid arthritis. Penggunaan jangka pendek dari dosis steroid dosis tinggi dapat membantu seseorang pulih dari radang sendi yang parah.

Bagaimana dokter memutuskan steroid adalah pengobatan yang tepat?

Keputusan untuk meresepkan steroid selalu dilakukan secara individual. Dokter akan mempertimbangkan usia, aktivitas fisik, dan obat-obatan lain yang Anda pakai. Dokter juga akan memastikan Anda memahami potensi manfaat dan risiko steroid sebelum mulai memakainya. Manfaat potensial dan risiko steroid bervariasi tergantung:

  • Sifat dan tingkat keparahan penyakit yang diobati
  • Adanya atau tidak adanya alternatif pengobatan lain
  • Adanya atau tidak adanya masalah medis penting lainnya
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s